Gebyar Undian Larissa

happy student

happy student

Rabu, 10 Maret 2010

TAHUKAH KAMU APA SAJA MANFAAT BUAH DAN SAYURAN BAGI TUBUH?

ALPUKAT
Alpukat memiliki asam lemak paling tinggi diantara buah-buahan lainnya. Kandungan asam lemak dalam alpukat adalah asam lemak yang sehat. Selain asam lemak, alpukat mengandung vitamin dan mineral seperti kalsium. Kandungan gizi dalam alpukat berfungsi menurunkan kolesterol sementara meningkatkan karbohidrat. Alpukat baik untuk malnutrisi dan kulit yang kering.

ANGGUR
Anggur ternyata anggur merupakan buah yang baik untuk ginjal dan hati serta kaya akan senyawa yang mencegah pembentukan kanker. Selain ketiga hal tersebut, anggur baik untuk serangan jantung, kejang otot, kelelahan, infeksi virus dan mencegah pembentukan lubang pada gigi, serta meningkatkan energi tubuh.

APEL
Kandungan pektin yang terdapat dalam lemak baik untuk melawan lemak dan menurunkan kolesterol, serta seratnya membantu proses pencernaan. Daging buahnya membantu melarutkan kristal asam di dalam sendi. Apel juga baik untuk artritis, konstipasi, kolesterol tinggi, gangguan hati ringan dan kegemukan.

ASPARAGUS
Asparagus mengandung asparagine, yaitu suatu asam amino yang merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme. Selain itu, asparagus juga dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu melepaskan deposit lemak dari dinding pembuluh darah sehingga dapat dibuang. Asparagus baik untuk jerawat, eksema, gangguan ginjal, prostat dan penurunan berat badan.

BAYAM DAN KANGKUNG
Bayam dan kangkung baik untuk menghilangkan berbagai gangguan tubuh dan merupakan sumber energi yang cepat. Banyaknya kandungan vitamin A dan C seperti mineral seperti kalsium, zat besi, kalium bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Selain itu, Bayam dan kangkung dimanfaatkan untuk pengobatan asma, bronkitis, pneumonia, kolik, anemia, kelelahan, konstipasi, absorpsi kalsium, pencernaan dan osteoporosis.

BERRIES
Buah berry dipercaya kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C. Berry berfungsi sebagai pembersih darah dan anti inflamasi. Buah berry ternyata mempunyai banyak manfaat, antara lain untuk infeksi kandung kamih, sendi yang kaku, nyeri tenggorokan, gangguan kulit, tekanan darah tinggi, pendarahan gusi, bau nafas, pembengkakan kelenjar getah bening, memar, flu dan batuk.

BIT
Selain memiliki kandungan zat besi yang tinggi, bit juga kaya akan vitamin A. Bit baik untuk pecandu alkohol, kecanduan obat, penyakit hati, PMS dan kanker. Sewaktu membuat jus bit segar sebaiknya dicampur dengan jus wortel atau jus sayuran lainnya karena rasa jus bit murni sangat kuat.

BLEWAH
Blewah mengandung beta karoten, provitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang terkandung dalam blewah, mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.

BROKOLI
Ternyata kandungan vitamin C pada brokoli jumlahnya lebih banyak daripada jeruk. Kandungan kalsium pada brokoli juga lebih besar dibandingkan segelas susu. Brokoli juga diketahui mengandung lebih banyak serat daripada sepotong roti gandum. Manfaat yang didapat dari mengonsumsi brokoli adalah meningkatkan daya kerja otak, mengatur tingkat gula darah dan menetralkan zat penyebab kanker.

CHERRIES
Buah cerry, selain rendah kalori, juga kaya akan zat besi, magnesium, kalium dan vitamin C. Cerry bermanfaat untuk membersihkan sistem urin, baik untuk artritis, rematisme, gangguan kulit, gout, anemia, gangguan ginjal dan gangguan hati.

KIWI
Kandungan vitamin C dalam buah kiwi lebih besar dua kali lipat dari buah jeruk dan 17 kali lipat dibandingkan dengan buah apel. Selain itu buah kiwi juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6 dan E. Peran vitamin C dan E dalam kiwi berfungsi sebagai antioksidan, zat penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan pencegah sel kanker. Ingginya kandungan vitamin C dalam kiwi menjadikan buah ini dapat mempertahankan tubuh dari serangan flu dan stres. Selain itu kiwi juga mengandung actidin (enzim alami yang dapat mengatasi sembelit), asam askobin (melindungi tubuh dari demam dan nyeri persendian), magnesium (yang bersama dengan vitamin C membuat hati bekerja lebih maksimal), amino argine (membantu peredaran darah dan mampu mengatasi masalah impotensi) dan zat lutein (diduga dapat mencegah kanker prostat). Selain itu, buah kiwi juga mengandung serat yang tinggi sehingga sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

KUBIS
Kubis terkenal dengan kandungan belerangnya yang tinggi dan kaya akan serat. Kandungan belerang dalam kubis baik untuk menetralkan efek toksik dari kobalt, nikel dan tembaga yang berlebihan. Selain menghilangkan karsinogen dan lemak, kubis juga baik untuk kanker, kolsterol tinggi, diabetes, ilkus dan membantu penurunan berat badan.

MELON
Buah melon dipercaya kaya akan vitamin A dan vitamin C, sedangkan melon oranye kaya akan beta karoten. Jika dikombinasikan dengan lemon, dapat membantu menghilangkan asam urat. Melon baik untuk membantu menghilangkan kanker paru-paru, obesitas, penyakit crohn dan gangguan lambung.

MENTIMUN
Mentimun mempunyai kandungan kalori yang rendah dan kaya akan silikon dan fluorin. Kandungan kalium dalam mentimun membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak. Selain baik untuk kulit kering, mentimun berguna untuk kulit yang terbakar sinar matahari, eksema, gangguan hati, kesehatan rambut dan rambut, mengobati gigitan serangga dan gatal-gatal karena tumbuhan.

PERSIK DAN PIR
Buah persik kaya akan vitamin A, sedangkan buah pir kaya akan kalium. Kedua buah tersebut baik untuk membantu memperlancar pencernaan terutama setelah memakan makanan yang mengandung lemak. Selain itu, kedua buah tersebut mengkoreksi kondisi darah yang terlalu asam dan memberikan kemilau yang sehat bagi kulit. Buah pir dan persik baik untuk indigesti asam, morning sick, mual dan demam.

PISANG
Pisang sangat membantu mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Karena daging buah pisang sangat lembut, maka dianjurkan untuk tidak dijadikan jus. Pisang kaya akan mineral Kalsium (Ca) sehingga dengan mngonsumsi pisang setelah makan akan membantu menetralisir efek negatif akibat dari mengonsumsi garam dan MSG/vetsin yang berlebihan. Pisang juga mengandung Kalium (K) yang berfungsi menjaga keseimbangan air tubuh, kenormalan tekanan darah, fungsi jantung dan kerja otot.

SELADA
Selada ternyata efektif untuk menurunkan berat badan. Zat besi dan magnesium yang terkandung di dalamnya membantu kerja diuretik. Mineral ini merangsang pembuluh darah dan meningkatkan metabolism. Selada juga baik untuk batuk, insomnia, membersihkan darah dan membuang deposit lemak.

SELEDRI
Kandungan natrium dalam seledri berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan seposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi. Selain itu juga mengandung magnesium yang berfungsi menghilangkan stres. Seledri dipercaya baik untuk alergi, kesulitan berkonsentrasi, eksema, psoriasis dan hiperaktivitas.

SEMANGKA
Kandungan air dalam buah semangka yang sangat tinggi, yakni 92%, menjadikan buah ini sebagai pembersih tubuh yang sangat baik. Walaupun hanya terdiri dari banyak cairan, semangka kaya akan kalium dan kalsium yang bermanfaat untuk menghilangkan kolik. Selain itu, kulitnya mengandung klorofil yang baik untuk kelenjar dan darah. Dengan menghisap bagian dalam kulit semangka, dapat membantu mencegah mabuk dalam perjalanan. Buah semangka juga baik untuk artritis, keracunan uremik, gangguan kulit, encok, anemia, batu ginjal, mual dan kolik.

SITRUS
Jeruk, lemon dan limau adalah buah-buahan yang menghilangkan lemak dan kaya akan vitamin C. Buah-buahan tersebut baik untuk batuk pilek, hidung tersumbat, infeksi tenggorokan, melarutkan lemak dan mengatur kolesterol.

TOMAT
Tomat kaya akan vitamin C dan beta karoten. Tomat juga mengandung lycopene yang dipercaya sebagai bahan pelawan kanker. Tomat rendah akan natrium dan kalori namun kaya akan asam nitrat dan kalium. Tomat baik untuk nafsu makan yang rendah, gangguan hati, kelelahan, PMS, hipoglikemia, infeksi ragi,gangguan prostat dan kegemukan.

WORTEL
Ternyata wortel mengandung setiap mineral yang diperlukan oleh tubuh termasuk kalsium, besi dan magnesium yang merupakan unsur-unsur pembangun darah. Wortel juga merupakan sumber beta karoten (zat pelawan kanker) dan vitamin A. Sayur ini baik untuk penyakit hati, rabun senja, membersihkan darah, menurunkan kolesterol, kanker, gangguan kulit, menghilangkan lemak dan lupus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar